Jul 9, 2010

Tiba-tiba Rindu Aku


tiba-tiba rindu aku

rindu mataku dulu kerap sembab
ketika aku tenggelam dalam sujud dalam doa
ketika tubuhku terguncang mengingat dosa
di lafal Quran seraya terisak tanpa sebab

tiba-tiba rindu aku

kemana gerangan jiwa yg dulu sering tuma'ninah
di tiap gerak ruku dan sujud dan i'tidal?
yang bergetar ketika azan berkumandang
dan betah merangkai dzikir sambil tenang tetirah

tiba-tiba rindu aku

karena aku kini tak lagi mampu menangis,
bahkan ketika jiwa berselimut najis
tak peduli meski detak iman kian halus menipis

seperti tak ada rasa takut meski aku kehilangan waktu
dalam ujub dan jumawa, hilang yang dulu tawadhu
makin aku tenggelam dalam sibuk yang tak berujung
gila memuja nafsu kebendaan kian menggunung

tiba-tiba rindu aku

Yaa, Rabb...
panggil aku
lagi, lagi, lagi
setiap hari, lima kali di awal waktu di jiwa yang suci
kembali ke kenikmatan di setiap nafas yang terhela
larut di kekhusyukan pelukMu ya Azza Wa Jalla
di dudukku,
di sujudku,
di rebahku; dan
di kelak matiku
seraya melafal kebesaran DzatMu,
Wahai... Dzat yang Maha Menyejukanku

Yaa, Rabb...

panggil aku
kembali bersama mereka yang khusnul khotimah
dan leburkan aku
kembali sebagaimana manusia yang fitrah
di lembar-lembar taubat nasuha
sebelum ajal mengajakku jalan bersama


(Juli 2010)

No comments: