Mar 18, 2015

Marco Polo, Mie (noodle) TiongKok dan Spaghetti Italia



Tahukah anda, ketika Marco Polo (Marco bin Niccolo bin Polo atau Marco anaknya Niccolo cucunya Polo), (lahir 15 September 1254 – meninggal 8 Januari 1324 pada umur 69 tahun) diajak bapaknya, Niccolo Polo dan pamannya, Maffeo Polo mengunjungi Xanadu, tempat kediaman Kubilai Khan yang Agung --pemimpin Mongolia yang terkenal itu, beliau pernah diangkat dan ditugaskan oleh Kubilai Khan yang Agung untuk memimpin misi dagang ke TiongKok (China).

Dalam perjalanannya mengemban misi tersebut, Marco Polo ditugaskan bukan saja untuk mengurusi perniagaan atau perdagangan Kubilai Khan dengan TiongKok, namun juga untuk mempelajari Seni, Budaya, Adat Istiadat dan bahkan Kuliner TiongKok.

Masyarakat TiongKok yang telah mengenal gandum yang merupakan makanan pokok dan sejak lama biasa mengolahnya menjadi Mie (noodle), rupanya memberikan pengalaman berkesan bagi Marco Polo yang baru kali pertama itu mencoba Mie yang kelezatannya sangat membuat Marco Polo terkesan.

Kelak, sekembalinya dia ke Venesia dan menceritakan pengalamannya selama di Mongolia dan TiongKok (berdasarkan catatan perjalanannya), Marco Polo kemudian memperkenalkan Mie (noodle) ini namun dengan resep a la Italia dan sejak itu Italia (tahun 1290-an) mulai mengenal makanan olahan gandum dalam bentuk makanan mie --disamping 'pasta' yang pada saat itu biasa dikenal-- yang kemudian terkenal sebagai... SPAGHETTI :)

Wallahu a'lam bishowaab


Ramz
(Maret 2015)

No comments: