Feb 9, 2011

Murottal Qur'an




Warottilil Qur'ana Tartiila,,, Bacalah Al Qur'an dengan Tartil (perlahan dan khusyuk)

Bbrp waktu belakangan ini saya ingin,, ingin sekali, menambah hafalan bacaan Qur'an. Awalnya karena ada bbrp ayat yg dulu saya hafal belakangan mulai lupa. Dan, celakanya saya juga lupa nama surat dmana ayat2 hafalan tsb berada. Untung, berkat seorang teman, Isnaldi, saya bs kembali menemukan hafalan2 tsb.

Alhamdulillah, setelah bbrp kali membacanya berulang2, saya bs kembali hafal ayat2 tersebut, dan stlh lancar saya mulai memberanikan membaca di dalam sholat jamaah di rumah, dmn saya menjadi imam sholat.

Kenapa saya share soal ini disini? 

Nope, sama skali bukan untuk narsis atau berbuat ria.. Mudah2an saya dijauhkan dari perbuatan ria. Naudzu Billah..

Yang ingin saya share adalah betapa, sesungguhnya, kalau kita baca dgn tartil dan diresapi, ayat-ayat tersebut, insya Allah hal ini akan mendatangkan kedamaian, ketenangan dan ketentraman di hati kita. Meskipun kita tidak paham artinya.. Karena, itulah yang saya alami.

Entah kenapa, setiap saya membaca ayat-ayat seperti di Surat-surat Az Zumar, Al Hasyr, Al Baqoroh, Al Furqon, dll, saya seperti merasakan sesuatu merasuki jiwa saya. Sesuatu yang entah apa saya tidak bisa menjabarkan, tapi rasanya hati ini menjadi kecil. Hati ini menjadi sejuk. Dan kesyahduan yang ditimbulkan dari lantunan ayat-ayat tsb pasti,,, selalu membawa keharuan bagi saya. Keharuan yang sering kali membuat saya menangis.. 

Ya, benar2 saya menangis!!!

Seperti tadi subuh,, 

Ayat pertama saya baca bbrp baris terakhir di Surat Al Hasyr...

Huwa Allahu alladzi la ilaaha illa huwa 'alimul ghoibi was syahadah
Huwa arRahmaanu arRahiim
Huwa Allahu alladzi la ilaaha illa huwa almalikul quddus as salaam al mu'minul muhaiminul aziizul jabbaarul mutakabbir.. dst (uhh, kalo diresapi lagi maknanya, pasti akan lebih membuat kita tunduk)
 
Untung saya mampu menyelesaikan bacaan saya, padahal di akhir2 ayat jiwa saya mulai tergetar. 

Akhirnya di rokaat ke dua ketika saya membaca Az Zumar,, 

Wasiiqol alladzinat taqaw robbahum illal jannati zumaro. Hattaa idzaja uuha wafutihats abwabuha wakola lahum khozanatuha... dst

Persis di penghujung bacaan, pertahanan saya jebol. Saya tak kuasa menahan tangis. Lidah saya seperti kelu. Hati saya sontak terisak. Hingga bacaan-bacaan takbir saya ucapkan dgn berbisik.

Seperti ada keindahan yang begitu dalam dan menyentuh yang membuat saya jadi terharu tiap kali membaca ayat2 Quran dgn tartil. Entah kenapa..

Barangkali jika anda ingin mencoba mencari ketenangan, kesejukan, ketentraman dan kedamaian,, maka bacalah Qur'an dengan tartil. Khusuk. Dan resapi. Mungkin anda akan mengalami hal yang sama dengan saya.

Cobalah,, karena disitu kita akan merasakan sesuatu yang nyaman, sesudahnya..

Insya Allah

Wallahu A'lam Bisshowab

No comments: