Feb 22, 2011

Sebentar Lagi Musim Panas,, JANGAN!! Masuk mobil langsung menyalakan AC

Pernah baca ini???

Entah benar atau Fake (baca: Hoax), tetapi barangkali ga ada salahnya kita perhatikan.. Ngga merugikan kok kalo sarannya dijalanin.. Enjoy the read!!!

JANGAN!!! Sekali lagi jangan langsung menyalakan AC ketika masuk mobil yang diparkir di bawah terik. Udara dari hembusan AC akan langsung bercampur dengan udara dalam mobil yang pengap, bisa menghasilkan udara yang dapat menyebabkan kanker bila terhirup.

Bagaimana sebaiknya? Ok.. ketika Anda memasuki mobil dan mendapati hawa pengap dan panas di dalamnya, BUKALAH semua kaca jendela. Biarkan beberapa saat udara segar menggantikan hawa pengap tersebut. Kemudian barulah nyalakan kendaraan dan AC. Setelah kendaraan bergerak beberapa saat, tutuplah kaca-kaca jendela kembali.

Data menunjukkan, semakin banyak orang meninggal karena kanker. Kanker merupakan pembunuh nomor 2 setelah penyakit jantung. Kita bertanya-tanya darimana saja penyebabnya. Barangkali gambaran berikut ini bisa menjadi sebuah contoh yang bisa menjelaskan insiden-insiden yang dapat menyebabkan kanker.

Menurut sebuah penelitian, dashboard mobil, sofa, pengharum mobil, dan sejenisnya itu dapat menghasilkan Benzene, (baca info mengenai Benzene dari The Medical News, klik disini) sejenis racun penyebab kanker (karsinogen). Luangkanlah waktu dan amatilah bau plastik dashboar yang terkena panas. 

Selain menyebabkan kanker, Benzene juga meracuni tulang-tulang Anda, menyebabkan anemia dan menurunkan jumlah sel darah putih. Bila terhirup terus menerus dlm jangka waktu yang lama dapat menyebabkan leukemia, menambah resiko penyebab kanker dan dapat juga mengakibatkan keguguran. 

Benzene adalah toksin yang menyerang hati, ginjal, paru-paru, jantung dan otak dan dapat menyebabkan kerusakan kromosonal. Saat ini sedang diadakan penelitian tentang pengaruh benzene terhadap tingkat kesuburan pria dan wanita.

Tingkat Benzene di dalam ruangan yang bisa ditoleransi adalah 50 mg/sq feet. Sebuah mobil yang terparkir di dalam ruangan dengan jendela tertutup akan mengandung 400 - 800 mg Benzene. Jika parkir di luar ruangan di bawah sinar matahari pada temperatur 15 derajat ke atas, tingkat Benze naik hingga 2000 - 4000 mg, 40 kali dari ambang batas toleransi!!!

Orang yang sewaktu masuk ke dalam mobil tidak membuka jendela sama sekali, tanpa disadari, akan menghirup banyak racun yang sangat cepat masuk ke dalam tubuh. Benzene adalah racun yang mempengaruhi ginjal dan hati. Buruknya adalah, sistem kekebalan tubuh manusia sangat sulit untuk membasmi racun-racun yang terlanjur masuk tersebut. 

Jadi, untuk anda-anda sekalian yang sering memanjakan diri dengan AC mobil anda, sadarilah bahaya jangka panjang akan kondisi ini. Oleh karenanya bukalah pintu dan jendela mobil anda lebar2 sebelum anda masuk. Beri waktu beberapa saat agar sirkulasi udara terjadi dan racun-racun mematikan ini keluar dari mobil anda, sebelum anda masuk dan menutup seluruh pintu dan jendela mobil.

So, sebagaimana tulisan di awal tadi, ga ada salahnya kita perhatikan dan coba terapkan. Biarkan mobil bergerak dalam keadaan jendela terbuka lebar agar udara bebas bersirkulasi barulah nyalakan AC dan tutup semua jendela untuk kenyamanan Anda.

Semoga bermanfaat!!!

No comments: