Jan 27, 2005

Berdekatan dengan Tuhan (2)

Pagi ini aku terkejut ketika melihat wajahku sendiri di cermin. Keruh. Lusuh. Tak ada senyuman tersungging sedikitpun. Padahal aku baru saja selesai mandi. Scrubbing my face pake facial scrub segala pada saat mandi pagi tadi. Aku ingin tampil segar hari ini, karena jam 11 ada presentasi dengan salah satu customer besar, Sun Life Financial Indonesia.

My bony sempet senyum melihat aku berkutat di cermin memperhatikan wajah. Dan komentarnya ternyata sama dengan penilaianku tentang wajahku sendiri.
"Wajah kamu kok keruh banget, sih?" tanyanya sambil senyum.
Dan, tanpa menjawab, sambil meliriknya aku coba menyunggingkan seulas senyum. Tapi, ya ampun..!! Kaku sekali!

Hey, what's wrong with me!??

Apa barangkali ini karena kekalutan perasaanku beberapa hari belakangan ini? Ternyata tanpa aku sadari, kekalutan yang mewarnai jiwaku ini terpancar jelas di wajahku. Pantas, aku kok kelihatan seperti orang yang gak mandi?

Siang ini aku mendapatkan jawabannya. Ternyata aku begitu jauh dari Tuhan. Dalam kekalutanku, beberapa hari kemarin aku lupa mengadukan semua permasalahanku padaNya. Ya, Allah.. Aku bahkan dengan gampangnya meninggalkan kewajiban sholat 5 waktu, tanpa ada perasaan bersalah atau takut sedikitpun. Dan ini membuat aku merasa seorang diri. Aku gamang.

Ijinkan aku mengadu padaMu, ya Allah ya Tuhanku. I have no shoulder to cry on.. selain tanah yang kupijak untuk kulekatkan dahiku dan merendahkan diri di hadapanMu. Hanya padaMu jiwa kekanakanku bebas menumpahkan tangis atas segala kekalutan dan ketakutan yang kurasakan. 

Aku takut. 
Aku lelah. 
Aku pepat. 
Sesak. 

Maka, biarkan aku mendekat, aku ingin membiarkan diriku menangis sebentar saja, tanpa perlu merasa malu dan kehilangan harga diriku sebagai laki-laki.

Sungguh tak ada yang bisa mendatangkan ketenangan dan kenikmatan dibanding ketika aku mendatangi-Mu dan mengadukan segala keluh kesahku kepadaMu. Seberat apapun masalah yang kuhadapi, Kau selalu memberiku jalan keluar yang sungguh tak pernah terpikirkan olehku.

Kau yang selalu bicara padaku lewat ciptaanMu,
Kau yang menenangkanku dengan kemahapemurahanMu,
Kau tenangkan jiwa yang bergejolak 
dan Kau lapangkan hati yang sempit dan sesak

Aku ingin selalu berdekatan denganMu, ya Allah Tuhanku...

No comments: